Ayo Atur Kembali Asupan Makananmu Usai Lebaran

Lewat seminggu sudah, umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Sekarang kembali memulai aktivitas sehari-hari.

Di momen lebaran kemarin, tentunya banyak aneka hidangan lezat dan special disajikan. Sudah menjadi tradisi, hidangan berlemak seperti opor, rendang, ketupat sayur, gulai yang bersantan disajikan saat lebaran dan akan sangat sulit untuk dihindari. Setelah menyantap makanan lezat tersebut, yuk kita kembali atur asupan makanan sehat.

Agar tubuh ideal anda kembali dan sehat pasca lebaran, ayo konsumsi makanan di bawah ini :

Buah-Buahan
Seminggu menikmati indahnya Lebaran, saatnya konsumsi buah-buahan yang mengandung serat dan vitamin C demi mengembalikan tubuh sehat ideal anda. Buah apel sangat disarankan untuk anda konsumsi karena cocok mengembalikan keadaan tubuh dan membantu pembuangan racun.

Sayuran Hijau
Hmmm sudah pasti ya saat Lebaran makanan bersantan ialah konsumsi utama seperti opor ataupun rendang. Otomatis kolesterol dan tekanan darah naik dengan instan. Oleh karena itu sayuran hijau atau sayuran lain dalam jumlah banyak jadi solusi tepat untuk memperbaiki kondisi tubuh hingga mengeluarkan racun di saluran pencernaan.

Yogurt
Konsumsi yogurt dapat membantu anda memiliki lambung yang sehat dan terhindar dari gangguan makan serta BAB setelah Lebaran usai. Kondisi perut usai Lebaran kerap kali bermasalah seperti sering sakit perut, diare, hingga gangguan lain yang menyebabkan sensivitas lambung. Anda bisa konsumsi yogurt secara langsung dan bisa juga dengan mengkombinasikan dengan buah-buahan (smoothies)

Nasi Merah
Makanan yang memberikan rasa kenyang lebih lama serta mudah dicerna oleh lambung. Jadi pilihan yang sangat tepat untuk diet usai Lebaran

Air Putih
Anda harus konsumsi banyak air putih saat setelah Lebaran usai sebanyak 2 liter atau setara 8 gelas dalam sehari. Hal ini untuk membuang sisa kotoran dalam saluran pencernaan dan kondisi tubuh segar kembali seperti sedia kala.

Kelima jenis asupan yang dibahas di atas harus didukung juga dengan berolahraga rutin agar percepatan pengembalian kesehatan tubuh ideal anda jadi semakin mudah.
Selamat mencoba.

Sumber : Dokter Sehat

Kembali ke daftar berita >