Asuransi Sinar Mas Lanjutkan Literasi Keuangan bagi Petani dan Nelayan di Manokwari, Papua Barat

Manokwari, 30 November 2020, Asuransi Sinar Mas kembali melanjutkan kegiatan Literasi keuangan di wilayah Manokwari, Papua Barat. Literasi Keuangan kali ini diberikan kepada para petani dan nelayan yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Manokwari, Papua Barat. Kegiatan literasi dilakukan secara online. Petani dan nelayan didampingi oleh para penyuluh dalam menerima materi literasi keuangan.

Dalam kegiatan literasi keuangan ini, dilakukan sosialisasi mengenai perencanaan keuangan bagi petani serta juga pengenalan asuransi khususnya asuransi mikro. Untuk mencegah penyebaran Covid-19, diberikan juga sosialisasi mengenai pencegahan Covid-19 melalui 3 M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan.

“Acara literasi keuangan ini sudah kami adakan dari tahun 2015 sampai saat ini di hampir seluruh wilayah Indonesia. Literasi keuangan ini tidak hanya berhenti di Papua, kita berharap ke depannya acara literasi ini bisa berlanjut terus dan diadakan di wilayah lainnya. Diharapkan Bapak atau Ibu Petani dan Nelayan dapat menambah wawasan mengenai perencanaan keuangan, asuransi mikro dan semua manfaat dari asuransi tersebut, ” jelas Sahat Jefri M Sihaloho, Pimpinan Wilayah 3 Asuransi Sinar Mas dalam sambutannya.

Kegiatan literasi keuangan ini mendapatkan sambutan positif dari petani dan nelayan, yang disampaikan dalam kata sambutan Ketua KTNA berikut :

“Ini adalah suatu kesempatan yang sangat terhormat bagi kami,  Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), karena telah diajak bergabung dalam sistem kegiatan literasi dan inklusi keuangan. Literasi ini merupakan acara bincang-bincang yang berguna bagi kami untuk menambah pengetahuan mengenai cara merencanakan keuangan. Pada hari ini kita belajar untuk mengetahui, menerapkan lalu kemudian mempraktekannya dan harus dicatat di buku kehidupan kita. Tidak hanya itu saja, ada satu sistem perlindungan asuransi yang tidak boleh dilupakan. Kita harus memayungi harta dan jiwa kita.  Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada Asuransi Sinar Mas, ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi kami para anggota KTNA di Papua Barat yang mendapatkan edukasi mengenai literasi keuangan, ” ujar Yustinus Pedai, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Manokwari, Papua Barat.

Asuransi Sinar Mas pada kegiatan ini juga membagikan kartu asuransi mikro GRATIS yaitu asuransi simas petani dan celengan impian bagi 872 petani dan nelayan anggota KTNA yang mengikuti kegiatan literasi keuangan. Literasi keuangan untuk petani sebelumnya telah dilakukan Asuransi Sinar Mas di berbagai wilayah seperti Kab. Humbang Hasundutan, Pulau Solor - NTT, Padang, Bukittinggi, Lombok - NTB, Amurang - Minahasa selatan, dan Putussibau - Kalimantan Barat.

Simas petani merupakan produk asuransi mikro dari Asuransi Sinar Mas dengan premi yang terjangkau yaitu Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) untuk perlindungan selama satu tahun. Simas petani memberikan perlindungan terhadap resiko kematian akibat kecelakaan yang dijamin oleh Polis dengan limit maksimal Rp. 17 juta , cacat tetap akibat kecelakaan maksimal Rp. 17 juta serta santunan tunai harian akibat demam berdarah sebesar Rp. 200 ribu per hari (maksimal 14 hari).

Sebelumnya literasi keuangan juga telah diselenggarakan bagi siswa/i SMP dan SMA Yayasan Advent, Manokwari pada tanggal 19 November 2020 dan siswa/i SMAN 1 Manokwari pada tanggal 20 November 2020.

Kembali ke daftar berita >