Asuransi Sinar Mas Lanjutkan Literasi Keuangan Bagi Mahasiswa ITSB (Institut Teknologi Sains Bandung)

Jakarta, 08 Desember 2020, Asuransi Sinar Mas kembali melanjutkan kegiatan Literasi keuangan, kali ini diberikan kepada para mahasiswa/i Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB). Dalam sesi kali ini literasi keuangan diberikan oleh Dumasi M M Samosir, Direktur PT Asuransi Sinar Mas dengan mengusung tema "Insurance is A Safeguard of Calamities".

Kegiatan literasi keuangan ini mendapat sambutan positif  ITSB yang disampaikan dalam sambutan Rektor (ITSB) Institut Teknologi Sains Bandung.

“Asuransi sudah ada dari jaman sebelum masehi untuk mengalihkan risiko. Ada banyak bentuk-bentuk asuransi baru. Ada asuransi kendaraan, kecelakaan seperti musibah ditabrak atau menabrak kendaraan lain. Banyak hal yang harus ditanggung. Kalau kita mempunyai asuransi tentu sangat meringankan. Untuk para mahasiswa/i belum terlambat untuk merencanakan keuangan sejak dini. Menabung tidak hanya di bank, melainkan dapat dilakukan di asuransi. Terima kasih kepada Asuransi Sinar Mas atas kesempatannya memberikan edukasi keuangan kepada para mahasiswa/i (ITSB) Insititut Teknologi Sains Bandung, ” ujar Prof.Dr.Ir Ari Darmawan Pasek, M.Sc, Rektor (ITSB) Institut Teknologi Sains Bandung, Jawa Barat.

Dalam materi literasi disampaikan peran dari asuransi untuk membantu pemulihan kerugian keuangan setelah terjadi risiko.

“Literasi keuangan ini mengambil tema "Insurance is A Safeguard of Calamities" karena memang di dunia asuransi itu akan sangat berperan di setiap rencana yang terjadi di dunia ini. Fungsi utama dari asuransi ini adalah risk transfer atau mengalihkan risiko dari pemilik risiko kepada perusahaan asuransi. Bagaimana hal itu bisa terjadi? karena ada banyak orang yang memiliki risiko yang sama dikumpulkan menjadi satu pool kemudian mereka masing-masing membayar equitable premium yang artinya membayar premi yang pas untuk risiko tersebut, ”  jelas Dumasi M M Samosir.

“Asuransi Sinar Mas berkomitmen dalam pembayaran klaim, di saat pandemi pun komitmen tetap terjaga. Selama  ditangani dengan baik, asuransi itu akan jadi sangat bermanfaat bagi bangsa ini dan lingkungan sekitarnya, ” lanjut Dumasi dalam materi yang disampaikan.

Pada kegiatan ini Asuransi Sinar Mas juga membagikan kartu asuransi mikro GRATIS yaitu asuransi simas siswa mikro dan celengan impian bagi  mahasiswa/i dan asuransi simas perlindungan bagi Dosen/karyawan Institut Teknologi Sains Bandung yang mengikuti kegiatan literasi keuangan.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pada kesempatan yang sama turut diberikan juga sosialisasi dari Gerakan Pakai Masker (GPM) yang dibawakan oleh Widodo Septiadi selaku Wakil Bendahara Umum dan Campaign Director Gerakan Pakai Masker (GPM) serta Pimpinan Wilayah 2 PT Asuransi Sinar Mas mengenai pentingnya menggunakan masker selama pandemi ini.

Sebelumnya literasi keuangan juga telah diselenggarakan bagi siswa/i SMK 1 Strada Jakarta pada 08 Oktober 2020, SMK Kanisius Ungaran pada 09 Oktober 2020, Politeknik Sinar Mas Berau Coal pada 31 Oktober 2020, SMP dan SMA Yayasan Advent, Manokwari pada 19 November 2020, siswa/i SMAN 1 Manokwari pada  20 November 2020 dan bagi petani/nelayan di Manokwari pada 30 November 2020.

Kembali ke daftar berita >