Asuransi Sinar Mas Bersama Asuransi Sumit Oto Menggelar Literasi Keuangan Bagi Siswa/i SMA Negeri 4 Kendari

Kendari, 07 Oktober 2021 -  Tingkat literasi di Indonesia berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019 yang terakhir diadakan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), menunjukkan indeks literasi keuangan mencapai 38,03% dan indeks inklusi keuangan 76,19%. Angka tersebut meningkat dibanding hasil survei OJK 2016 yaitu indeks literasi keuangan 29,7% dan indeks inklusi keuangan 67,8%. 

Bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan serta Hari Asuransi Nasional, 18 Oktober, Asuransi Sinar Mas kembali menggelar Literasi Keuangan secara virtual. Pada kesempatan ini, PT Asuransi Sinar Mas berkolaborasi bersama dengan PT Asuransi Sumit Oto melanjutkan kegiatan literasi keuangan bagi siswa-siswi dan para guru di SMA Negeri 4 Kendari, Sulawesi Tenggara.

Siany Jontana, Kepala Divisi Agency Network & Development (AND) Asuransi Sinar Mas, mengatakan: “Pada kesempatan kali ini, mewakili Asuransi Sinar Mas turut senang dan berterima kasih diberikan kesempatan untuk memberikan edukasi keuangan meskipun secara online, tidak kalah menariknya. Melalui kegiatan literasi ini para siswa/i memiliki pemahaman lebih mengenai apa itu perencanaan keuangan dengan asuransi. Kami dari Asuransi Sinar Mas juga memberikan asuransi kecelakaan diri gratis yaitu Simas Mikro dan Simas Perlindungan, serta celengan impian untuk menabung,” 

Literasi keuangan diisi dengan sosialisasi mengenai apa itu risiko, asuransi serta edukasi mengenai investasi serta manfaat menabung. Tidak hanya edukasi, juga diberikan kuis berhadiah souvenir menarik dari Asuransi Sinar Mas dan Asuransi Sumit Oto bagi peserta yang mengikuti sosialisasi dengan baik. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta mengikuti anjuran pemerintah, pada kesempatan yang sama ditampilkan video mengenai sosialisasi terkait pencegahan Covid-19.

Pada kesempatan ini, Asuransi Sinar Mas juga membagikan kartu asuransi mikro GRATIS yaitu  1.400 kartu asuransi simas siswa mikro, 560  kartu asuransi simas perlindungan serta  celengan impian sebanyak 1.523 buah. Siswa mendapatkan asuransi simas siswa mikro dan celengan impian sementara guru mendapatkan asuransi simas perlindungan. Celengan Impian adalah celengan sederhana yang diinisiasi oleh Asuransi Sinar Mas untuk mengedukasi masyarakat agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung agar dapat mewujudkan impiannya. 

Dalam kegiatan literasi tersebut, Asuransi Sumit Oto juga menyerahkan bantuan berupa 50 polis asuransi kecelakaan diri, 30 unit Flash Disk OTG 32GB, 3 Set Komputer Lenovo kepada sekolah SMA Negeri 4 Kendari untuk membantu kebutuhan operasional belajar-mengajar.

“Literasi dan inklusi keuangan ini merupakan kewajiban bagi seluruh industri keuangan koordinasi OJK. Asuransi Sinar Mas bersama Asuransi Sumit Oto mengadakan literasi keuangan biasanya dilakukan secara langsung tatap muka, dikarenakan pandemi saat ini mengharuskan literasi diadakan secara virtual. Diharapkan para siswa/i SMA Negeri 4 Kendari setelah mengikuti kegiatan literasi ini, memiliki pemahaman mengenai jasa keuangan lebih baik lagi sebagai bekal untuk masa depan,” ujar M. Haryadi Jayaputra, Presiden Direktur Asuransi Sumit Oto.

Sambutan yang hangat dan antusias juga disampaikan oleh Liyu, Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Kendari, berikut sambutannya:

“Mewakili SMA Negeri 4 Kendari, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Asuransi Sinar Mas dan Asuransi Sumit Oto. Terima kasih telah mempercayakan kepada sekolah kami dalam menyelenggarakan kegiatan literasi dan edukasi keuangan. Semoga edukasi yang diberikan dalam kegiatan ini, dapat berguna dan menjadi bekal bagi siswa/i kami ke depannya,” ungkapnya.

Kembali ke daftar berita >