ASURANSI SINAR MAS ADAKAN LITERASI KEUANGAN DAN BAGIKAN KARTU POLIS ASURANSI SIMAS SISWA MIKRO DI MANGGARAI BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR

Senin, 11 April 2016, PT Asuransi Sinar Mas melakukan kegiatan edukasi keuangan bagi para siswa-siswi di SD Katolik Warsawe, Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan edukasi dilakukan dalam bentuk cerita /story telling. Siswa diberikan pengertian mengenai asuransi dengan bercerita mengenai asuransi kesehatan dan juga pembagian buku cerita dan mewarnai mengenai asuransi.

SD Katolik Warsawe yang didirikan pada 01 Agustus 1928, merupakan satu-satunya SD yang ada di wilayah tersebut. Terbatasnya fasilitas yang ada di desa ini membuat masyarakat sulit mendapatkan akses informasi mengenai keuangan.

Pemilihan lokasi kegiatan yang berada di daerah yang cukup jauh dari perkotaan (1,5 jam dari Labuan Bajo, NTT) bertujuan untuk memberikan pemerataan akses informasi keuangan khususnya asuransi kepada warga dan juga siswa sekolah. Selain di NTT , edukasi keuangan direncanakan akan dilanjutkan dengan 2 lokasi lain di daerah Indonesia Timur.

Kegiatan edukasi keuangan ini dilakukan sejalan dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 01/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/SEOJK.07/2014 tentang Pelaksanaan Edukasi Dalam Rangka Meningkatkan Literasi Keuangan kepada Konsumen dan/atau Masyarakat.

Kegiatan disambut hangat dan antusias oleh seluruh warga desa Cunca Wulang. Selain 151 siswa/i, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Cunca Wulang, Kepala Sekolah SDK Warsawe, Pemilik Sekolah, dan seluruh orang tua siswa.

Kegiatan edukasi dan literasi keuangan Asuransi Sinar Mas pada tahun 2016 ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilakukan pada tahun 2015.

Di tahun 2016, seluruh siswa yang telah mengikuti kegiatan literasi keuangan pada tahun 2015 (40.432 siswa) akan diberikan kartu polis asuransi simas siswa mikro. Hal ini ditujukan agar siswa yang sudah mengetahui asuransi juga dapat merasakan manfaat dari asuransi dan diharapkan saat dewasa nanti,  inklusi keuangan akan dapat lebih mudah dilakukan.

Penyerahan kartu polis asuransi simas siswa mikro akan dilakukan secara bertahap. Kegiatan telah dimulai pada bulan Januari 2016 dimana diserahkan polis asuransi simas siswa mikro kepada 1.160 siswa-siswi Sekolah Dasar di wilayah Magelang dan sekitarnya dan pada tanggal 11 April 2016 kepada 151 siswa/I SDK Warsawe.

Kegiatan edukasi keuangan di SDK Warsawe kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan buku pengetahuan umum untuk perpustakaan SD.

Kembali ke daftar berita >