Agar Tetap Aman, Berikut Tips Merencanakan Traveling di Masa Pandemi

Agar Tetap Aman, Berikut Tips Merencanakan Traveling di Masa Pandemi

Meskipun Pandemi Covid-19 belum usai. Namun tidak ada salahnya merencanakan traveling. Tidak lupa untuk tetap terapkan protokol kesehatan yang ketat dan aturan-aturan baru yang wajib diikuti. Agar tetap aman, dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah tips yang bisa kamu lakukan untuk merencanakan traveling di masa pandemi ini. Yuk simak!

1. Cari informasi yang lengkap terkait destinasimu

Mengumpulkan informasi selengkap-lengkapnya terkait destinasi yang akan dituju merupakan hal yang penting jika kamu ingin traveling di masa pandemi. Pasalnya, banyak destinasi wisata yang memiliki aturan dan protokol berbeda-beda selama pandemi. Informasi yang sudah kamu kumpulkan ini nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan, apakah destinasimu aman atau tidak. Jika dirasa kurang aman, jangan dipaksakan ya.

2. Buat itinerary serinci mungkin

Itinerary merupakan daftar kegiatan atau tujuan, serta estimasi biaya yang akan dikeluarkan saat perjalanan. Itinerary menjadi hal yang penting selama pandemi. Dengan bantuan itinerary, kamu bisa tahu dan ingat sudah ke mana saja selama traveling di masa pandemi. Dengan begini, jika terjadi kondisi buruk misalnya kamu terpapar virus, kamu bisa membantu satgas untuk melacak risiko penularanmu.

3. Pilih tiket dan akomodasi yang refundable

Disarankan untuk membeli tiket dan akomodasi yang refundable atau dapat dikembalikan. Banyak platform tiket online yang menyediakan fitur refundable. Biasanya ketentuan tersebut dapat dilihat pada halaman pilihan kamar ataupun tiket perjalanan. Fitur tersebut berguna agar tidak mengalami kerugian finansial jika terjadi pembatalan perjalanan.

4. Pilih destinasi yang outdoor dan sepi

Sebisa mungkin pilihlah destinasi outdoor yang sepi pengunjung. Risiko penularan Covid-19 akan jauh menurun jika berada di ruang terbuka. Selain itu, virus menyebar dengan mudah di daerah dengan populasi padat. 

5. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat dan bugar sebelum berangkat

Memastikan tubuh dalam kondisi sehat dan bugar adalah hal yang paling penting dan krusial di masa pandemi seperti saat ini. Jangan memaksakan liburan jika merasa badan tidak sehat atau kurang fit.

6. Cek Ketentuan Visa

Di beberapa negara mensyaratkan untuk memiliki asuransi kesehatan yang menjamin Covid-19 saat pembuatan visa. Cek kembali ketentuan visa-mu ya!

Traveling di masa pandemi memang terasa akan berbeda. Segalanya mungkin akan terasa lebih ribet. Ada baiknya melakukan tes swab mandiri untuk mengetahui kondisi tubuh, serta untuk keperluan traveling. Tidak lupa juga untuk memproteksi diri dengan asuransi perjalanan, ada baiknya lagi jika asuransi perjalanan tersebut juga melindungi dari bahaya terpapar virus Covid-19 seperti produk asuransi Simas Covid-19 dari Asuransi Sinar Mas. Stay healthy dan tetap terapkan 5M ya!

Kembali ke daftar berita >