7 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Kita Dari Cuaca Ekstrim

Saat ini kita sering kali mengalami kondisi musim pancaroba dengan cuaca yang sangat ekstrim. Kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi, terkadang dalam satu hari curah hujan yang begitu tinggi kemudian bisa berubah ke cuaca yang begitu terik. Kondisi seperti ini membuat tubuh kita harus ekstra beradaptasi dengan perubahan cuaca.

Perubahan cuaca yang begitu ekstrim mudah memicu kita terkena penyakit seperti demam, sakit kepala, influenza, radang, diare, dan masih banyak lagi. Perlu disadari mengenai pentingnya menjaga kondisi kesehatan tubuh agar tidak mudah terkena serangan penyakit.

Daya tahan tubuh menjadi salah satu faktor yang harus dijaga agar bisa dalam kondisi fit dan bugar. Daya tahan tubuh yang rendah akan menyebabkan kesehatan tubuh kita mudah terganggu.

Ada 7 tips untuk menjaga kesehatan agar tetap terjaga dalam menghadapi cuaca ekstrim :

  1. Istirahat yang Cukup
    Daya tahan tubuh yang kuat dipengaruhi karena memiliki waktu istirahat yang cukup. Terkadang karena kesibukan aktifitas bekerja menyebabkan seseorang tidak dapat beristirahat cukup. Layaknya telepon genggam bila sudah lowbat maka harus dicharge kembali agar bisa digunakan secara maksimal, begitu juga halnya dengan tubuh kita, butuh dicharge kembali dengan cara beristirahat cukup agar kembali fit. Durasi tidur yang baik dan benar untuk tubuh kita adalah 7-8 jam untuk mendapatkan kebugaran tubuh.
  2. Menjaga Pola Makan yang Sehat
    Makanan menjadi asupan untuk kebutuhan tubuh kita, terkadang bila sudah sangat lapar kita sembarangan mengkonsumsi makanan agar menghilangkan rasa lapar yang mendera. Sebaiknya mulai dari sekarang kita harus begitu bijak dan selektif dalam mengkonsumsi makanan yang akan disantap dengan memperhatikan porsi, gizi, teratur, dan kebersihannya.
  3. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
    Kebersihan diri dan lingkungan menjadi faktor tempat berkumpulnya bakteri ataupun sarang virus penyakit. Oleh karena itu lakukan dengan rutin menjaga kebersihan diri seperti mandi, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan sebelum masak, mencuci tangan setelah dari toilet, membersihkan tubuh setelah bepergian dari kegiatan di luar rumah. Selain kebersihan tubuh kita juga harus memperhatikan kebersihan rumah agar tetap bersih dan nyaman. Selalu menjaga rumah tetap bersih dengan menyapu dan mengepel lantai, membersihkan perabotan rumah tangga, dan membersihkan kamar tidur kita secara rutin.
  4. Menghilangkan Kebiasaan Buruk
    Hilangkan kebiasan buruk seperti bergadang, jajan sembarangan, mengkonsumsi alkohol, merokok, dan tidur saat pagi hari. Semua hal ini bisa merusak metabolisme tubuh kita dan merusak kesehatan serta daya tahan tubuh.
  5. Minum Air Putih yang Banyak
    Dalam tubuh manusia 2/3 bagian merupakan kandungan air, sehingga sangat diperlukan mengkonsumsi air putih yang banyak agar memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar dapat melakukan aktifitas, disarankan setiap harinya harus mengkonsumsi air putih sebanyak 2-3 liter air. Manfaat dari mengkonsumsi air yang banyak untuk memenuhi asupan cairan dari metabolisme tubuh, membantu kinerja ginjal, dan mencegah dehidrasi.
  6. Olahraga
    Melakukan aktifitas olahraga secara rutin memberikan manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Berolahraga dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga sel darah putih kita dapat tersebar menjangkau semua bagian tubuh dengan begitu daya tahan tubuh kita terjag1a.
  7. Mengkonsumsi Suplemen
    Tidak ada salahnya bila kita mengkonsumsi suplemen seperti vitamin untuk membantu proteksi tubuh kita dari serangan penyakit.

Demikian 7 cara untuk menjaga daya tahan tubuh saat menghadapi cuaca ekstrim yang sekarang ini terjadi. Semoga seluruh tips yang diberikan dapat dilakukan agar kesehatan tetap terjaga.

Kembali ke daftar berita >