7 Langkah Untuk Membuat Rumah Menjadi Sehat

Rumah menjadi tempat berlindung dari cuaca panas dan hujan, tempat berkumpul bersama keluarga, dan yang paling penting menjadi tempat beristirahat dari segala kelelahan serta kesibukan aktifitas. Mempunyai rumah adalah cita-cita dari setiap orang karena menjadi salah pembuktian dari hasil kerja keras kita. Rumah yang sehat pasti menjadi dambaan sehingga segala usaha akan dilakukan agar mendapatkan sebuah rumah yang bersih dan sehat.

Rumah yang sehat bukti otentik sebuah keluarga yang bahagia. Menciptakan rumah bersih dan sehat membutuhkan usaha dan perhatian khusus dari penghuninya. Sebelum kita masuk dalam tips menciptakan rumah yang bersih dan sehat, mari kita terlebih dahulu mengetahui kriteria standart ideal sebuah rumah.

Berikut kriteria rumah yang ideal dan layak huni harus melengkapi 3 komponen ini :

  1. Komponen Rumah - langit-langit, dinding, lantai, ventilasi, sarana pembuangan asap dapur  dan pencahayaan
  2. Sarana Sanitasi - air bersih, pembuangan kotoran, pembuangan air limbah, tempat pembuangan sampah
  3. Perilaku Penghuni - membuka jendela ruangan, membersihakan rumah dan halaman, membuang tinja pada jamban, membuang sampah pada tempatnya.

Pada dasarnya rumah sehat itu terletak di lokasi yang aman dan tidak berada di daerah rawan bencana. Mempunyai kualiatas udara dan sumber air yang tidak tercemar memenuhi syarat kesehatan. Adanya sarana dan prasarana memadaiuntuk pengelolahan limbah serta di lingkungan sekitar rumah ditumbuhi pepohonan.

Bila sesuai kriteria rumah sehat terpenuhi tinggal kita merawat agar rumah menjadi tempat tinggal yang sehat. Ada beberapa tips buat kamu agar terus menciptakan rumah yang bersih dan sehat.

Membuka jendela setiap pagi
Agar ada sirkulasi udara dan pencahayaan alami dan membuat suasana rumah menjadi lebih segar

Mulai memisahkan sampah kering dan basah
Hal ini akan membuat rumah terhindaar dari serangga yang menghinggapi sampah dan yang pastinya terhindar dari bau tak sedap

Bersihkan kamar mandi secara teratur setiap minggu
Lakukan hal ini secara teratur setaip minggu, dengan menguras bak mandi, sikat lantai lantai kamar mandi, dan toilet dengan menggunakan cairan pembersih agar terbebas kuman-kuman.

Rutin menyapu rumah dan mengepel lantai
Membersihkan lantai dan halaman rumah dilakukan setiap hari dan jangan lupa untuk mengepel lantai rumah menggunakan obat pel lantai

Menanam tanaman
Untuk menciptakan kenyamanan dan udara yang bersih di sekitar rumah. Menanam tanaman bisa menggunakan pot-pot kecil atau bisa menggunakan barang-barang bekas yang tidak terpakai seperti kaleng-kaleng, sisa paralon, ember, dan lainnya.

Rutin membersihkan lemari es
Perabotan rumah yang selalu disentuh oleh setiap anggota keluarga membuat kemungkina banyak bakteri atau kuman bersarang. Lakukan secara rutin kulkas setiap harinya.

Rutin membersihkan dapur
Usahakan setelah selesai memasak langsung membersihkan area dapur dan alat-alat memasak supaya tetap bersih dan membuat menjadi nyaman.

Nahh setelah kita mengetahui kriteria dan tips rumah sehat, yuk kita mulai melakukan secara rutin agar rumah yang kita huni menjadi bersih dan sehat.

Kembali ke daftar berita >