6 Pijatan untuk Sakit Kepala yang Mudah Dilakukan

Bekerja atau belajar dari rumah pada masa pandemi ini, terkadang menimbulkan penyakit sakit kepala. Sakit kepala dapat mengganggu aktivitas yang tengah kita lakukan. Tak jarang, sebagian dari kita biasanya mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas untuk meredakannya. Selain itu, tahukah Anda ada cara alami yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi sakit kepala? Salah satunya yang paling mudah adalah melakukan pijatan untuk sakit kepala. Pijatan untuk sakit kepala diaplikasikan pada sejumlah titik tertentu di sekujur tubuh. Hal ini bisa membantu mengendurkan otot yang tegang, memperlancar aliran darah, dan meringankan sakit kepala yang Anda rasakan. Berikut adalah titik-titik pijatan untuk sakit kepala yang perlu Anda ketahui :

 

  1. Sela ibu jari dan telunjuk tangan

Sela antara ibu jari dan telunjuk tangan kiri merupakan titik pijatan untuk sakit kepala yang populer. Area ini dapat Anda tekan menggunakan jempol tangan kanan seolah mencubitnya selama 10 detik. Kemudian, buatlah gerakan memutar searah jarum jam selama 10 detik dan pada arah sebaliknya selama 10 detik juga. Ulangi pijatan ini di tangan kanan Anda dengan menggunakan tangan kiri.

 

  1. Dasar tulang tengkorak di belakang kepala (tengkuk)

Posisikan telunjuk dan jari tengah kedua tangan pada dasar tulang tengkorak di belakang kepala (antara otot leher vertikal). Berikan tekanan yang kuat pada kedua titik tersebut selama 10 detik, kemudian lepaskan. Ulangi pijatan untuk sakit kepala ini hingga ketegangan di leher yang menyebabkan sakit kepala berkurang.

 

  1. Antara bahu dan pangkal leher

Letakkan ibu jari kanan atau kiri untuk menekan titik di antara bahu dan pangkal leher dengan gerakan melingkar selama 1 menit. Lalu, ganti dan ulangi pada sisi yang berlawanan. Pijatan pada titik ini dipercaya dapat membantu meredakan kekakuan di leher dan bahu, serta meredakan sakit kepala.

 

  1. Lekukan antara hidung dan alis

Gunakan kedua jari telunjuk untuk memberikan tekanan kuat pada lekukan antara hidung dan alis. Tahan tekanan itu selama 10 detik, lalu lepaskan. Ulangi pijatan untuk sakit kepala ini selama beberapa kali hingga rasa sakitnya mereda.

 

  1. Area pelipis (titik di dekat sudut mata)

Letakkan jari telunjuk dan jari tengah di pelipis, baik sisi kanan maupun sisi kiri. Tekan dan lakukan gerakan yang memutar searah jarum jam. Secara bertahap, terus pijat hingga jari bertemu di tengah dahi. Pijatlah seluruh dahi Anda sampai ke kulit kepala agar sakit kepala berkurang.

 

  1. Antara kedua alis

Gunakan jari telunjuk salah satu tangan untuk menekan titik di antara kedua alis selama 1 menit. Tekanan ini bisa membantu meredakan sakit kepala, terutama yang disebabkan oleh tekanan mata dan sinus.

 

Selain melakukannya sendiri, Anda juga bisa meminta bantuan orang terdekat atau terapis pijat guna memberi pijatan untuk sakit kepala kepada Anda. Jika sakit kepala tak kunjung menghilang, semakin parah, atau disertai gejala lain, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penanganan yang tepat untuk keluhan Anda. Konsumsi vitamin dan selalu jaga kesehatan ya!


Sumber : Sehatq.com

Kembali ke daftar berita >