6 Olahan Pisang Menyehatkan yang Bisa Dicoba di Rumah

Pisang menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Bosan makan pisang dengan cara yang itu-itu saja, tapi takut memasaknya karena khawatir akan berakibat buruk bagi tubuh Anda? Mungkin inilah saatnya Anda mencoba olahan pisang yang menyehatkan dan tetap enak di lidah berikut ini. Pisang terkenal akan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya yang sangat baik bagi kesehatan, terutama kalium, vitamin B6, mangan, dan serat. Selain itu, pisang juga mengandung kalori yang 90 persen di antaranya datang dari kandungan gula alami, seperti sukrosa, glukosa, dan fruktosa.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA), kalium sangat baik untuk menjaga tekanan darah sehingga dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan serat dalam pisang juga dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 2 sekaligus menyehatkan saluran cerna. Berikut beberapa ide olahan pisang yang menyehatkan yang dapat Anda coba di rumah:

1. Panekuk oatmeal
Membuat panekuk sendiri di rumah dapat menjadi olahan pisang yang menyehatkan, apalagi jika ditambah bahan makanan kaya serat lainnya seperti oatmeal. Beberapa resep panekuk bahkan sudah tidak lagi mengharuskan Anda menggunakan tepung terigu karena pisang yang dilumatkan, dicampur oatmeal, lalu dimasak di atas loyang anti lengket sudah cukup menghasilkan panekuk yang manis dan lezat.

2. Es krim
Es krim kerap diidentikkan sebagai makanan yang mengandung lemak maupun gula berlebihan. Namun, menjadikan pisang yang dilumatkan sebagai bahan es krim membuat Anda tidak perlu lagi menambahkan gula sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai camilan sehat untuk Si Kecil.

3. French toast
Bosan dengan roti bakar cokelat dan keju untuk sarapan? Cobalah memanggang roti gandum dan pisang, kemudian siram dengan madu untuk dinikmati dengan susu hangat di pagi hari.

4. Pisang kayu manis panggang
Ingin olahan pisang yang sederhana, tapi tetap enak dan menyenangkan? Potong pisang, letakkan di mangkuk tahan panas, taburi bubuk kayu manis, kemudian panggang dalam oven atau microwave selama beberapa menit. Pisang akan menjadi lebih lembut dan mengeluarkan aroma kayu manis yang menyegarkan.

5. Granola yogurt
Jika Anda menyukai rasa pisang yang segar, coba campur buah berwarna kuning itu dengan granola dan yogurt. Rasa manis pisang akan bercampur dengan asamnya yogurt serta memiliki tekstur yang renyah dari granola dalam sekali gigit.

6. Smoothies
Olahan pisang yang klasik ini dapat Anda jadikan minuman selepas berolahraga. Bila suka, Anda pun dapat menambahkan buah-buahan lainnya, seperti strawberry atau blueberry agar ada rasa asam di dalamnya.

Wah, olahan pisang tersebut dapat Anda coba di Rumah. Selain praktis juga sekaligus menghemat kan? Selain itu, ada baiknya membatasi konsumsi olahan pisang yang digoreng, seperti pisang goreng dan pisang molen, jika Anda menyukainya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng dapat meningkatkan kolesterol yang jelas berbahaya bagi kesehatan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil! :)

Sumber : https://www.sehatq.com/artikel/olahan-pisang-menyehatkan-yang-bisa-dicoba-di-rumah

Kembali ke daftar berita >