6 Langkah Ampuh Rumah Nyaman Saat Musim Hujan

Rumah menjadi tempat berlindung dari panas dan hujan, tempat kita berkumpul bersama sanak keluarga, serta tempat beristirahat dari lelahnya setelah seharian bekerja. Kenyamanan dan keamanan faktor utama yang diperhatikan baik dari segi konstruksi maupun suasana lingkungan.

Tak terasa kini sudah memasuki musim penghujan, rumah pun harus dipersiapkan agar bisa menghadapi musim ini. Apa saja yang harus dipersiapkan, ini dia :

1. Perhatikan Posisi Atap (Genteng) Rumah
Hal yang sangat jarang dilakukan dan diperhatikan, namun sangat penting karena salah satu penyebab utama kebocoran di musim hujan. Lakukan cek posisi genteng rumah, biasanya bergeser karena banyak hal seperti angin ataupun kenakalan hewan yang melewati atap rumah. Walaupun terbilang rumah yang kita tempati baru alangkah lebih baiknya tetap melakukan pengecekan.


2. Periksa dan Perbaiki Talang Air
Talang air akan penuh kotoran dan mengendap saat musim kemarau karena debu hingga kotoran kering. Hal ini menyebabkan terhambatnya laju air karena saluran air tertutup, untuk itu segera bersihkan dan buang segala kotoran pada talang air. Selain membersihkan, kita juga wajib memeriksa kondisi talang bila ada kerusakan yang berpotensi bocor maupun rembes segera perbaiki agar berfungsi maksimal saat musim hujan. Seandainya talang tersebut tidak dapat diperbaiki segera buat talang air sesuai ukuran dan material yang berkualitas agar tahan lama.

3. Sistem Ventilasi yang Baik
Sistem ventilasi yang baik menentukan sirkulasi udara pada rumah kita di musim hujan menjadi nyaman. Saat musim hujan hawa lembab kerap dialami karena tidak memiliki ventilasi yang baik. Hawa lembab berpotensi terhadap tumbuh kembangnya bakteri. Usahakan dan periksa sistem ventilasi terpasang dengan baik, jika curah hujan sedang tinggi kita dapat menutup sementara lalu bila hujan reda buka kembali ventilasi untuk pergantian udara.

4. Saluran Air
Setiap rumah baik itu daerah perumahan maupun perkampungan pasti memiliki saluran air disekitarannya. Agar tidak mengalami banjir, periksa kondisi saluran air jika terdapat sumbatan endapan lumpur dan sampah menumpuk segera bersihkan agar laju air tidak terhambat. Lakukan kegiatan ini secara berkala sedikitnya satu minggu sekali agar memiliki daya tampung maksimal. Kegitan membersihkan saluran menjadi lebih seru bila dilakukan secara bergotong royong bersama seluruh lapisan masyarakat lingkungan sekitar rumah.

5. Pangkas Tanaman
Musim hujan berarti intensitas air melebihi dari biasanya yang dapat membuat tanaman tumbuh dengan cepat. Tanaman rimbun hingga menjadi sarang nyamuk dan serangga lainnya. Pohon besar sudah tua berisiko tumbang, karena itu pangkas seluruh tanaman dan pohon-pohon sekitar rumah dijamin rumah akan menjadi jauh lebih nyaman, aman, dan rapi.

6. Perhatikan Jaringan Listrik
Hawa lembab dan panas saat musim hujan membuat kabel listrik mudah rapuh sampai terkelupas. Hal ini dapat menyebabkan korsleting dan kebakaran. Agar tidak terjadi hal seperti itu, segera lakukan pemerikasaan seluruh jaringan listrik dalam dan luar. Pastikan seluruh kabel maupun setop kontak dalam keadaan baik dan benar agar korsleting tidak terjadi, bila terdapat kabel yang sudah mengalami kerusakan cukup parah segera ganti dengan kabel baru.

Keenam langkah diatas merupakan hal kecil paling ampuh yang dapat dilakukan dalam mengantipasi ketidaknyamanan saat musim hujan pada rumah kita. Tidak ada kata terlambat, selamat mencoba!

Kembali ke daftar berita >