5 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Akhir-akhir ini di sebagian besar wilayah Indonesia sedang mengalami musim hujan yang dirasakan hampir setiap hari, bahkan pada beberapa wilayah tertentu seperti yang terjadi di Jabodetabek pada malam tahun baru, menyebabkan terjadinya banjir. Tak jarang ketika terjadi hujan dan banjir ada saja daerah yang rentan terserang berbagai penyakit-penyakit tertentu yang berisiko menyebabkan terjadinya keadaan endemik dan meningkatnya kejadian kematian yang disebabkan penyakit tersebut terlambat mendapatkan penanganan. Sehingga siapapun harus mengetahui dan melaksanakan beberapa upaya menjaga kesehatan saat musim hujan yang dapat menyebabkan banjir. Berikut ini ulasan tentang tips menjaga kesehatan di musim hujan :

1. Makan dan Minum yang Bersih dan Sehat
Tips menjaga kesehatan saat banjir yang pertama adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup dan sehat. Pastikanlah, air yang hendak diminum benar-benar layak untuk diminum dan harus merebus air minum sampai mendidih. Di saat musim hujan tiba, lebih baik minum air kemasan yang dinilai lebih aman dibandingkan air tanah.

2. Perhatikan Perlindungan dan Kebersihan Tubuh
Saat musim hujan, penting untuk memperhatikan perlindungan dan kebersihan tubuh. salah satu contohnya dengan memakai alas kaki, sepatu bot dan sarung tangan jika melintasi air banjir. Hal ini untuk  melindungi tubuh terlindungi dari berbagai kemungkinan seperti luka atau infeksi. Kita juga perlu mencuci kaki dengan air bersih dan sabun segera setelah terkena air banjir. Tak boleh ketinggalan, biasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, mengolah makanan dan setelah buang air kecil/besar.

3. Memperhatikan Kebersihan Lingkungan
Perhatikan kebersihan lingkungan untuk menghindari kontak dan pencemaran oleh binatang (tikus, serangga, dan lain-lain) yang sering muncul saat banjir. Kita harus membuat rumah atau tempat penampungan memiliki ventilasi yang memadai. Dan di tempat pengungsian, sebaiknya pengungsi yang sakit dipisahkan dengan pengungsi yang sehat untuk mencegah saling menularkan penyakit.

4. Mengonsumsi Obat rutin dan Segera Cek ke Dokter
Bila kondisi kesehatan sedang menurun, segeralah periksakan diri di fasilitas layanan kesehatan terdekat bila ada keluhan sakit dan perlu mengonsumsi obat, maka sebaiknya minum obat tersebut secara rutin. Bisa juga memeriksakan kondisi kesehatan di fasilitas layanan kesehatan terdekat bila obat yang biasa dikonsumsi hilang atau tertinggal di rumah untuk mendapatkan pengobatan dengan benar dan tepat.

5. Perhatikan Pola Tidur
Tak jarang, jika udara dingin saat musim hujan mengundang rasa kantuk yang cukup sering. Sebisa mungkin, jangan pernah menghiraukan rasa kantuk yang dialami. Sebaiknya ambil waktu istirahat dan tidur yang cukup, tapi hindari tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih, karena tubuh yang mendapatkan porsi tidur berlebihan bisa membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot.

Sebisa mungkin, hindari begadang atau terjaga hingga larut malam, karena tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Jangan lupa juga untuk konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan sehat, agar kesehatan kita di musim hujan ini terus terjaga.

Sumber : https://health.grid.id

Kembali ke daftar berita >