5 Tips Berkendara Aman di Musim Hujan

Musim hujan yang tak kunjung henti dapat mempengaruhi aktivitas kita setiap harinya, terutama bagi para pengendara. Kita menjadi harus lebih hati-hati berkendara saat musim hujan. Ini dia beberapa tips berkendara aman di musim hujan:

1. Pastikan Semua Lampu Kendaraan Berfungsi Normal
Lampu sangat penting di musim hujan. Nyalakan lampu saat kendaraan anda melintas di hujan deras. Lampu-lampu tersebut bisa menjadi tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain, sehingga kendaraan lain bisa melihat kita. Gunakan lampu hazard (sein kanan-kiri yang berkedip bersamaan) jika kendaraan Anda terpaksa berhenti darurat di pinggir jalan.

2. Periksa Tekanan Angin dan Alur Ban
Tekanan ban dan alur ban yang masih baik mengurangi risiko kendaraan melayang diatas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip). Jangan ambil risiko berkendara menggunakan ban yang sudah tipis.

3. Pastikan Sistem Kontrol Kendaraan Anda Berfungsi dengan Baik
Pastikan sistem kemudi, pedal gas, rem, maupun kopling berfungsi dengan baik. Beri perawatan ekstra terutama pada musim hujan ini untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan orang lain yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

4. Kurangi Kecepatan Jika Anda Berkendara Saat Hujan
Hal ini bisa mengurangi risiko ban kendaraan tergelincir (slip) akibat jalan yang licin karena air hujan yang bercampur dengan oli. Mengendarai kendaraan dengan kecepatan lebih rendah memastikan semua ban menempel ke jalan dan itu membuat daya cengkram ban lebih kuat.

5. Jaga Jarak Kendaraan Anda Dengan Kendaraan Lain
Hal ini dimaksudkan supaya Anda memiliki ruang lebih banyak saat menghentikan laju kendaraan untuk menghindari menabrak kendaraan lain.

Jangan lupa ingatkan orang-orang terdekatmu juga agar mengikuti tips aman saat berkendara di musim hujan yaa!

Kembali ke daftar berita >