5 Hal Penting yang Harus Anda Lakukan Atasi Rumah Terkena Banjir

Awal tahun 2020 wilayah Jabodetabek mengalami musibah banjir cukup menyayat hati dimana sukacita pergantian tahun harus hilang. Kita ketahui bahwa selain dari curah hujan yang tingggi, faktor lainnya menyebabkan banjir melanda seperti buang sampah sembarangan sehingga aliran air tidak lancar mengalir.

Banjir bukan masalah baru lagi di wilayah Jabodetabek saat musin penghujan tiba. Yang sangat diperlukan bagaimana mengatasi kondisi rumah tetap terjaga ketika terkena banjir dengan cara-cara yang benar.

Ada beberapa tips bisa Anda lakukan agar kondisi rumah tetap terjaga saat dilanda banjir.

  1. Padamkan Seluruh Sambuangan Listrik
    Pastikan dan periksa dengan seksama seluruh sambungan listrik rumah anda sudah padam untuk menghindari terjadinya konslet serta putusnya jaringan listrik. Ya walaupun kita ketahui bahwa Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah mematikan aliran listrik.
  2. Matikan Seluruh Aliran Gas Yang Ada di Dapur Anda
    Segera cabut pipa ataupun saluran gas untuk mencegah kebocoran. Saat banjir, segala peralatan gas hingga pipa bisa rusak yang menyebabkan kemungkinan timbulnya kebocoran. Bila anda mencium bau gas terlebih dahulu segera keluar rumah dan mengungsi.
  3. Lindungi Barang Berharga di Rumah Anda
    Amankan segala barang berharga seperti perhiasan, uang, dokumen-dokumen penting, dan lainnya ke tempat atau lokasi yang aman. Jika terlambat, segera bersihkan barang berharga tersebut lalu simpan dalam kotak yang aman anti air.
  4. Berikan Perlindungan Untuk Rumah Anda dari Kerusakan Lebih Lanjut
    Saat terkena banjir, selain melakukan pengecekan ada yang harus diperhatikan dari bagian penting yaitu atap, dinding, dan jendela. Jika bagian terpenting itu terjadi kerusakan dan terdapat lubang, segera perbaiki dan tutup menggunakan papan ataupun terpal plastik agar air tidak masuk lagi.
  5. Bersihkan Lumpur di Rumah Anda
    Yang satu ini memerlukan energi ekstra dan kerjasama tim keluarga anda. Kita ketahui saat banjir surut pasti meninggalkan lumpur dan jamur penyebab penyakit. Sangat penting dan harus segera dilakukan membersihkan segala sisa lumpur agar anda serta keluarga terhindar dari segala macam penyakit.

Itulah beberapa tips untuk anda segera lakukan atasi kediaman anda yang terkena musibah banjir. Tetap semangat karena segala musibah pasti bisa kita atasi dan akan berlalu.

Jangan lupa tetap memperhatikan kesehatan anda serta anggota keluarga anda.

 

Sumber : Liputan6

Kembali ke daftar berita >