5 Fakta Menarik Tentang Hujan

Musim hujan akhir-akhir ini membuat dampak bagi banyak orang di berbagai daerah Indonesia. Dampak tersebut bisa bermacam-macam, seperti banjir, longsor, bangunan yang rapuh, penyakit, dan lainnya. Namun, ternyata dampak dari hujan yang berkelanjutan ini tidak selalu hanya berpengaruh negatif, loh! Ini dia fakta-fakta menarik tentang hujan, yang membuat kita tetap bersyukur dan senang saat hujan datang.

1. Tidur Menjadi Lebih Berkualitas
Saat hujan datang, pasti kamu lebih terbawa suasana untuk tidur, bukan? Pakar kesehatan juga menyarankan para penderita insomnia untuk tidur saat hujan datang, atau sekedar mendengarkan suara rekaman hujan. Hal ini bisa membuat pikiran lebih mudan beristirahat.

2. Tumbuhan Lebih Segar
Hujan bisa membuat dedaunan menjadi lebih hijau, serta pohon-pohon dapat menampung lebih banyak air. Hal ini disebabkan oleh kandungan nitrogen di dalam rintik air hujan. Selain itu, kotoran yang menempel di daun-daun ikut jatuh bersama air hujan, sehingga tumbuhan terlihat lebih segar.

3. Aroma Petrichor yang Menyenangkan
Petrichor adalah aroma tanah yang basah karena air hujan. Aroma ini mampu membuat indera penciuman yang kemudian diterjemahkan oleh dua area otak yaitu amigdala dan hipokampus yang bertugas mengatur emosi dan memori. Hal ini juga menyebabkan kita sering mengingat kenangan positif di masa lalu. Ingatan ini membuat kita nyaman dan tenang di kala hujan turun.

4. Persediaan Air Tercukupi
Tempat tangkapan air seperti waduk akan terisi oleh air hujan, sehingga persediaan air bagi pertanian dan air minum di musim kemarau akan tercukupi.

5. Tanah Menjadi Subur dan Tidak Kering
Tanah yang kering dapat membuat tumbuhan mati karena mengalami kekeringan. Selain itu, ladang untuk bercocok tanam juga akan menjadi rusak. Dengan adanya hujan, tanah akan menjadi subur dan proses pertanian akan berjalan dengan lancar.
 
Itu dia fakta-fakta menarik tentang hujan. Jadi, kamu tidak akan lagi membenci hujan, bukan?

Kembali ke daftar berita >