4 Tips Kelola Keuangan Saat Terkena PHK Imbas PPKM Darurat

Masa pandemi belum selesai ditambah pemerintah sedang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang sekarang menjadi PPKM Level 4. Hal ini membuat para pengusaha mempunyai rasa khawatir tersendiri.

Mereka mungkin melakukan pemutusan hubungan kerja untuk efisiensi. Pasti tidak ada yang mau dengan keadaan seperti sekarang ini. Tapi jika harus mengalami hal seperti ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk Kelola keuangan.

Kenali Aset serta Kewajiban

Catat ulang segala jenis aset yang anda miliki mulai dari rill (dalam bentuk fisik), asset keuangan (tabungan, uang pesangon, reksa dana, saham, dll). Setelah itu, catat segal utang yang anda miliki yang belum terbayar dan segera lunasi agar mengurangi beban pengeluaran setiap bulan.
Pastikan anda masih memiliki pasokan uang di rekening untuk mengcover kebutuhan pokok selama enam bulan ke depan.

Jika beban utang hingga keberatan cicil utang tersebut karena asset yang anda miliki lebih kecil, segera lakukan negosiasi kepada pihak kreditur diberikan keringanan.

Gaya Hidup

Sangat penting sekali untuk anda memperhatikan gaya hidup sebelum mengalami PHK dan setelah mengalaminya. Karena menjadi salah satu kunci membantu anda mengelola keuangan agar setiap kebutuhan anda dan keluarga tercukupi.

Lakukan puasa belanja barang-barang yang bukan kebutuhan anda. Fokuslah pada pengeluaran yang dibutuhkan hingga wajib dibayar seperti cicilan utang serta tagihan rumah tangga.

Waspada Pengeluaran Tidak Tetap

Anda harus mampu mengontrol pengeluaran tidak tetap seperti tagihan listrik, air, BBM, pulsa yang merupakan dalam golongan sifatnya tidak tetap bisa meningkat atau sebaliknya.

Apalagi selama keadaan pandemi seperti ini membuat kita harus banyak di rumah sehingga mampu memberikan dampak kenaikan tagihan listrik maupun air. Jadi sangat penting untuk mengontrol pengeluaran tersebut karena tak terduga.

Jaminan Kesehatan Tetap Harus Ada

Kebutuhan yang satu ini merupakan bagian dari kebutuhan harus dipenuhi. Miliki setidaknya BPJS sebagai jaminan Kesehatan yang anda miliki, karena kita tahu bahwa biaya berobat tidak murah dan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Perlu diingat dan diterapkan untuk anda, bahwa ketersediaan tabungan menjadi hal utama yang harus diperhatikan dengan seksama dalam keadaan terkena PHK

Semoga tips berikut ini bermanfaat dan yuk kita mulai Kelola keuangan kita sekarang. Stay safe and healthy ya.

Sumber : Detik.com

Kembali ke daftar berita >