4 Tipe Menarik Wisatawan Milenial, Anda Yang Mana ?

Anda generasi milenial? Banggalah bila masuk dalam kategori generasi Y, karena saat ini menjadi perbincangan di seluruh belahan dunia. Memiliki gaya hidup serta kehidupan sosial yang sangat unik

Umumnya generasi ini ditandai peningkatan penggunaan dan kearaban melalui komunikasi, media, dan yang paling marak dengan teknologi digital. Apapun yang dilakukan oleh mereka (generasi milenial) baik itu pribadi maupun lainnya akan dipublikasikan melalui sosial media.

Hal seperti ini akan menjadi seperti sisi mata uang, ada sisi positif dan negatif. Perubahan ini membuat seluruh bidang baik ekonomi hingga pariwisata menyasar milenial sebagai promotor potensial untuk mempromosikan produk mereka.

Alasannya cukup sederhana dan sangat betul sekali, karena generasi inilah yang mendominasi media sosial. Peluang ini dimanfaatkan Kementerian Pariwisata Indonesia menjadikan mereka sebagai promotor pariwisata Indonesia.

Apa yang mereka lihat dan temui akan menjadi unggahan di sosial media sehingga mampu membuat pelancong penasaran dan ingin datang langsung ke lokasi.

Ada empat tipe wisatawan milenial yaitu digital techonolgy savvy, advocators, experience oriented, dan adventure seekers. Keempat tipe ini memiliki orientasi yang berbeda dan unik untuk kita ketahui dan pahami.

Tipe digital techonolgy savvy merupakan kelompok dimana mereka lebih mementingkan kecanggihan wadah digital seperti wifi objek yang mereka kunjungi harus kencang alias ngebut.

Mari kita masuk ke tipe experience oriented yaitu haus akan sensasi pengalaman yang akan didapat saat berkunjung ke destinasi wisata. Berbeda dengan tipe adventure seekers lebih ingin menemukan keaslian atau kearifan lokal yang ada di objek wisata tersebut.

Kelompok terakhir tipe wisatawan milenial yaitu advocators yang dinilai lebih suka mengunjungi lokasi objek wisata paling ‘Instagramable’ untuk berswafoto dan membagikannya lewat sosial media (instagram) agar diketahui milenial lain karena mereka-mereka ini haus pengakuan.

Sangat menarik ya keempat tipe wisatawan milenial ini, masing-masing mempunyai karakteristik unik serta berbeda-beda.Kamu tipe kelompok wisatawan milenial yang mana?

 

Sumber : liputan 6

Kembali ke daftar berita >