2 Cara Jitu Agar THR Tidak Jebol

Tunjangan Hari Raya (THR) adalah hak pendapatan para pekerja yang menjadi kewajiban perusahaan/pengusaha kepada setiap pekerja berupa uang menjelang hari raya keagamaan. Namun pada umumnya THR di Indonesia diberikan bersamaan pada hari raya Idul Fitri secara bersamaan.

Sesuai dengan peraturan Kementerian Tenaga Kerja No.6 Tahun 2016 yang menggantikan peraturan sebelumnya No.PER.04/MEN/1994 tentang tunjangan hari raya yang berisikan bahwa setiap orang yang memperkerjakan orang lain dengan imbalan upah wajib membayarkan THR, baik berbentuk perusahaan, perorangan, yayasan, atau perkumpulan. Dimana setiap pekerja yang sudah mempunyai masa kerja selama satu tahun atau lebih mendapatkan satu bulan upah sedangkan pekerja yang memiliki masa kerja kurang dari satu tahun diberikan secara proporsional dari masa kerja yaitu lama masa kerja/12bln dikalikan 1 kali upah sering disebut dengan sistem prorata.

Pemberiaan THR menurut peraturan harus diberikan tujuh hari sebelum hari raya keagamaan pekerja tergantung setiap perusahaan, ada yang memberikan dua minggu sebelum hari H dengan tujuan bagi pekerja dapat menikmati bersama keluarga.

Kebanyakan dari kita bila sudah mendapatkan THR lupa akan apa yang menjadi kebutuhan untuk keperluan hari raya sehingga sebelum hari H perayaan hari raya uang THR kita sudah habis dan harus mengeluarkan biaya tambahan melampaui dari pengahsilan kita. Tentunya hal seperti ini tidak mau kita alami, lalu bagaimana cara mengatur uang THR yang kita terima agar tidak jebol? Jangan khawatir kami akan memberikan tips buat anda dalam mengatur uang THR agar tidak jebol.

Ada 2 hal yang perlu kita lakukan agar uang THR kita jebol dan kita dapat mengatur dengan bijak.

Pertama kita harus pisahkan antara kebutuhan dengan keinginan
Pada umumnya memisahkan antara kebutuhan dengan keinginan menjadi hal sulit buat zaman milenial seperti sekarang. Kebanyakan dari mereka menjadi takut menentukan antara kebutuhan dan keinginan karena diliputi rasa eksistensi yang begitu besar dengan kata lain ya hanya ikut arus ikut-ikutan saja. Kunci utamanya agar kita dapat menentukan mana kebutuhan dan keinginan yaitu membuang jauh-jauh sifat konsumtif dalam diri anda dengan begitu anda akan bijaksana dalam mengelola uang THR bahkan hingga dapat anda tabung.

Kedua kita harus mengelompokkan pengeluaran
Cara yang begitu sederhana namun mempunyai dampak yang begitu besar untuk pengeluaran di hari raya. Mulai buat pengelompokkan dengan membuat catatan dan mengatur strategi belanja.
1. Membuat Catatan

  • Tabungan/Investasi
  • Pengeluaran rutin
  • Tabungan untuk biaya tak terduga

2. Mengatur Strategi belanja

  • Membuat list kebutuhan
  • Tidak tergiur dengan DISKON
  • Bijak dalam menggunakan kartu kredit (khusus yang menggunakan)

Bila sudah melakukan kedua hal jitu ini dengan benar, maka dipastikan anda mampu dengan bijak mengatur uang tunjangan hari raya (THR) dengan kata lain anda dapat merasakan kesejahteraan merayakan hari raya dengan penuh sukacita. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda :)

Kembali ke daftar berita >