11 Tips Memilih Mobil Keluarga

Mobil keluarga atau sering disebut dengan istilah MPV (Multi Purpose Vehicle) masih menjadi kendaraan favorit di Indonesia, dikarenakan memiliki kapasitas yang cukup banyak penumpang dibanding mobil lainnya. Selain memiliki kapasitas yang cukup banyak, mobil keluarga juga mempunyai kabin lebih luas, lebih fungsional serta memanjakan penggunanya. Sehingga produsen otomotif pembuat mobil berlomba-lomba menciptakan mobil keluarga yang menarik, harga terjangkau, dan nyaman digunakan.

Ada beberapa tips memilih mobil keluarga sebagai refrensi anda dalam memilih mobil sesuai dengan kebutuhan.

  1. Menentukan Kapasitas Penumpang
    Jumlah kapasitas penumpang dalam sebuah mobil menjadi kunci pertimbangan paling utama dalam memilih membeli sebuah mobil keluarga tentunya bisa menampung seluruh anggota keluarga.
  2. Menentukan Kapasitas Mesin
    Kapasitas mesin menunjukkan keuatan yang bisa dihasilkan dalam sebuah mobil, biasanya dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin. Semakin besar kapasitas mesin maka akan semakin besar tenaga yang dihasilkan mobil tersebut, tentunya selain ingin mendapatkan mobil yang bagus juga ingin didukung kemampuan berlari kencang agar maksimal dalam penggunaannya.
  3. Sistem Transmisi
    Ada 2 jenis transmisi pada mobil diantaranya manual dan otomatis (matic). Menentukan sistem transmisi yang akan digunakan tergantung dari anggaran yang dimiliki. Untuk mobil berjenis manual lebih murah dan mudah perawatannya, sedangkan mobil berjenis transmisi matic sedikit lebih mahal hanya lebih mudah dioperasikan. Jadi pilih yang mana?
  4. Mengetahui Konsumsi Bahan Bakar
    Hal ini akan menjadi perhatian khusus dalam membeli mobil keluarga terutama ibu rumah tangga, karena konsumsi bahan bakar merupakan pengeluaran utama anggaran biaya operasional. Langkah ini untuk menekan biaya dengan cara mengetahui berap kilometer jarak tempuh optimal dalam setiap liter konsusmsi bahan bakar. Semakain jauh jarak tempuh mobil per liternya yang dikonsumsi akan semakin irit mobil lebih mudah untuk mengendalikan biaya yang dibutuhkan.
  5. Fitur Keselamatan
    Tingkat keselamatan menjadi sorotan penting untuk sebuah mobil keluarga sebaiknya memiliki fitur-fitur keselamatan yang memadai seperti seat belt pada semua tempat duduk penumpang, memiliki penguncian otomatis, memiliki airbag, dan sistem rem ABS (anti-lock breaking system).
  6. Kenyamanan
    Sebuah mobil akan menjadi pilihan bila mempunyai kenyamanan untuk penumpang dalam melakukan perjalanan. Syarat mutlak mobil mempunyai kenyamanan seperti tempat duduk yang empuk, AC yang sejuk, ruang yang luas, suara yang sunyi senyap, dan memiliki suspensi yang empuk.
  7. Ketersedian Layanan Purna Jual
    Layanan purna jual adalah jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumennya setelah transaksi penjualan dilakukan sebagai jaminan mutu untuk produk yang ditawarkannya. Ketersediaan tempat layanan purna jual akan sangat membantu dan memudahkan Anda dalam mendapatkan beberapa kelebihan seperti halnya service resmi, suku cadang asli, dan juga klaim garansi.
  8. Biaya Perawatan
    Cari tahu terlebih dahul biaya perawatan mobil yang kan dibeli, agar adanya penghitungan pengeluaran yang akan dikeluarkan setiap bulannya.
  9. Nilai Jual Mobil
    Salah satu faktor yang perlu dipikirkan untuk kedapannya. Pilihnya mobil yang memiliki permintaan pasar yang tinggi agar nanti saat sudah bosan dan membutuhkan biaya mendesak mendapatkan harga jual yang tinggi.
  10. Sesuaikan Dengan Kemampuan Finansial
    Setiap orang pada dasarnya menginginkan memiliki sebuah mobil keluarga yang ideal, namun alangkah lebih baiknya memilih mobil sesuai dengan kemampuan finansial. Belilah sebuah mobil sesuai dengan kebutuhan jangan karena menuruti emosi dan gengsi semata.
  11. Test Drive
    Lakukan percobaaan mengendari mobil yang dibeli bersama keluarga terlebih dahulu agar sesuai dengan kriteria yang anda dan keluarga anda inginkan.

Selain kesebelas tips diatas, jangan lupakan juga untuk memberikan perlindungan
Asuransi Kendaraan Bermotor untuk kendaraan Anda untuk menghindari kerugian financial akibat kerugian ataupun kerusakan terhadap kendaraan kita.

Itulah beberapa tips penting dan dapat membantu anda untuk membeli sebuah mobil keluarga, pastikan anda memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan agar menimbulkan dampak yang baik untuk anda dan keluarga. Semoga tips memilih mobil keluarga dapat bermanfaat dan menjadi refrensi anda.

Kembali ke daftar berita >