11 Anggota FORMAKSI Tandatangani Kesepakatan Addendum Perjanjian Kerjasama Layanan Cashless Pasien CoB BPJS Kesehatan

Jakarta, 10 Oktober 2019, 11 perusahaan asuransi yang tergabung dalam Forum Asuransi Kesehatan Indonesia (FORMAKSI) melakukan penandatanganan addendum kerjasama dengan Rumah Sakit Elang Medika Corpora Tangerang untuk layanan cashless pasien Coordination of Benefit (CoB) BPJS Kesehatan.

Penandatanganan Addendum PKS Layanan Cashless Pasien CoB BPJS Kesehatan ini dilakukan oleh Jusuf Halimi, Direktur Utama Rumah Sakit Elang Medika Corpora Group dengan perusahaan asuransi anggota FORMAKSI. Rumah Sakit Elang Medika Corpora Group yang dikerap disebut RS. EMC Group, mempunyai 2 cabang yaitu RS. EMC Tangerang dan RS. EMC Sentul. Penandatanganan yang dilakukan hari ini adalah kerjasama FORMAKSI dengan RS EMC Tangerang (RS type B) yang sudah terdaftar sebagai Faskes BPJS Kesehatan.

“Kerjasama yang ditandatangani hari ini merupakan addendum dari Kerjasama Direct Billing yang sudah berjalan sebelumnya dengan masing-masing perusahaan asuransi anggota FORMAKSI. Dengan adanya Addendum PKS ini, maka kerjasama ini diperluas untuk pasien CoB BPJS Kesehatan”, jelas Dumasi M M Samosir, Direktur Eksekutif FORMAKSI.

“Kami berharap perluasan kerjasama ini akan memberi kemudahan bagi pasien yang memiliki jaminan BPJS Kesehatan dan membeli Asuransi Kesehatan Tambahan atau AKT dari perusahaan asuransi anggota FORMAKSI. Demikian juga rumah sakit yang mendapatkan kepastian pembayaran ekses atas biaya perawatan pasien BPJS kesehatan yang naik kelas kamar dan memiliki Asuransi Kesehatan Tambahan.” ujar Dumasi.

Pasien BPJS Kesehatan yang memiliki Asuransi Kesehatan Tambahan (AKT) saat ini harus membayar terlebih dahulu selisih biaya yang terjadi jika memilih perawatan diatas haknya (naik kelas kamar). Selisih ini dalam istilah asuransi dikenal dengan nama ekses. Dengan adanya perluasan kerjasama ini, maka pasien BPJS Kesehatan yang juga memiliki AKT mendapat kemudahan karena ekses yang timbul akan langsung ditagih oleh Rumah Sakit ke Perusahaan Asuransi yang menerbitkan Polis AKT pasien sesuai dengan benefit limit yang dimiliki oleh pasien dimaksud.

Penandatanganan Addendum kerjasama Layanan Cashless Pasien CoB BPJS Kesehatan dengan RS. EMC Tangerang ini merupakan penandatanganan kerjasama dengan group rumah sakit yang keempat dengan total 38 rumah sakit rekanan. Keempat group rumah sakit tersebut terdiri dari Hermina Group (33 rumah sakit), Premier Group (2 rumah sakit), Permata Keluarga Husada Group (2 rumah sakit) dan hari ini dengan Elang Medika Corpora Group (1 rumah sakit).

“Saya percaya bahwa CoB ini memang sangat dibutuhkan untuk peserta yang sudah membayar BPJS Kesehatan dan private health insurance, tentunya mereka berhak untuk mendapatkan layanan yang sesuai. Kami di EMC juga senang bekerjasama dengan FORMAKSI karena itu tentunya akan memberikan suatu nilai lebih bagi pasien yang berobat di rumah sakit kami,” ujar Jusuf Halimi.

“Harapan kami, mudah-mudahan EMC dan FORMAKSI bisa terus bekerjasama dengan baik, dan dengan adanya keterbukaan, diharapkan apa yang menjadi tujuan kerjasama ini bisa tercapai, “ lanjut Jusuf Halimi.

FORMAKSI yang didirikan pada tahun 2009 merupakan suatu forum yang mewadahi perusahaan asuransi jiwa dan asuransi umum yang memasarkan produk asuransi kesehatan. Adapun ke 11 perusahaan asuransi anggota FORMAKSI yang menandatangani Addendum kerjasama hari ini adalah PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk; PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya, PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG, PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk; PT Asuransi Sinar Mas, PT Avrist Assurance, PT BNI Life Insurance, PT Equity Life Indonesia, PT Lippo General Insurance Tbk; dan PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri.

Misi FORMAKSI diantaranya adalah memberikan perlindungan kepada para Tertanggung (Peserta Asuransi Kesehatan) agar mendapatkan perlindungan yang wajar atas hak-haknya sebagai peserta asuransi kesehatan dan juga menumbuhkan hubungan timbal balik yang sehat antara asuransi dan Pemberi Pelayanan Kesehatan.

“Kita ingin customer kita dan anggota FORMAKSI mendapatkan pelayanan yang lebih baik dengan adanya CoB ini. Harapan kedepannya sesuai dengan visi dan misi kita di FORMAKSI, yaitu ingin memberikan service yang terbaik kepada seluruh anggota yang bekerjasama dengan FORMAKSI,” jelas Freddy Wijaya selaku Deputy Director PT. Asuransi Bina Dana Arta.

“Saya cukup optimis dengan kerjasama yang dilakukan FORMAKSI dengan rumah sakit yang sudah berjalan. Dan kami sendiripun sudah berusaha mengenalkan sistem CoB yang kita jalankan kepada klien kami. Kami akan tetap usahakan supaya memang benefit itu dirasakan oleh pemegang polis kami,” ucap Dr. Sri Rahayu, selaku Chief Operating Officer PT. Asuransi Jiwa Central Asia Raya.

“Sinergi antara Allianz Indonesia melalui Allianz Health & Corporate Solutions (AHCS) dengan FORMAKSI yang telah terbangun sejak tahun 2015, menjadikan layanan kesehatan lebih mudah diakses oleh masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan perlindungan ke lebih banyak orang (to insure more people) dan menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau untuk seluruh nasabah kami. Selain itu, kerja sama kami dengan RS EMC Tangerang akan menambah daftar jaringan rumah sakit yang siap melayani nasabah Allianz Indonesia,” ungkap Todd Swihart, Managing Director of Allianz Health & Corporate Solutions, Allianz Life Indonesia.

Beberapa program kerja yang telah dijalankan oleh FORMAKSI seperti Seminar untuk 136 RS di Jabodetabek dan Bandung, pembuatan standarisasi Formulir Klaim Rawat Inap dan Rawat Jalan FORMAKSI, menjadi nara sumber dan pembicara dalam diskusi panel mengenai SJSN, Sosialisasi Jaminan Asuransi kepada Rumah Sakit Provider, Diskusi tarif biaya perawatan dengan beberapa Rumah Sakit Provider dan Penyeragaman materi PKS Rumah Sakit Provider.

Terdapat hampir 3 juta peserta asuransi kesehatan yang saat ini terdaftar di perusahaan yang tergabung dalam FORMAKSI yang dapat menggunakan layanan ini.

Dengan adanya kerjasama ini, FORMAKSI dan RS EMC memiliki komitmen serta prioritas untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi pasien yang memiliki fasilitas asuransi kesehatan tambahan. Ini selaras dengan upaya memberikan dukungan terhadap peraturan pemerintah dan untuk mempermudah serta memaksimalkan manfaat dari Asuransi Kesehatan Tambahan (AKT) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kembali ke daftar berita >