10 Tren Makanan Bakalan Booming Tahun 2018

Dua pekan sudah berlalu menjalani tahun 2018, seperti yang kita ketahui setiap tahun pasti ada pergantian tren dari tahun sebelumnya. Tidak hanya bidang fashion saja, makanan juga memiliki tren yang layak diikuti loh.

Penasaran kan makanan apa saja yang akan booming di tahun 2018? Yuk langsung saja kita lihat satu per satu.

1. Bunga
Tahun 2018 akan banyak makanan berbahan dasar bunga mulai dari makanan pembuka hingga penutup. Bunga yang dapat dimakan dikenal dengan sebutan edible flower biasanya ditambahkan ke dalam salad, sup, dan makanan lain. Tidak perlu khawatir dengan jumlah kalori, karena tidak ada tambahan yang signifikan. Edible flower juga membantu untuk kesehatan serta dapat ditanam sendiri di pekarangan rumah.

Hal yang perlu diingat bahwa tidak semua bunga sama ya, ada seluruh bagian bunga dapat dimakan sedangkan ada bunga lain yang tidak bisa dimakan seluruh bagiannya. Alangkah lebih baiknya kita terlebih dahulu melakukan riset.

2. Super Powders
Tahun 2017 kopi serta kunyit merajai dan booming banget menjadi bahan dasar makanan. Pada tahun 2018 ini akan banyak bermain di super powders (bubuk super foods). Tapi tidak semua bubuk baik untuk dikonsumsi.

Ini jenis bubuk yang baik dikonsumsi seperti teh hijau dan matcha. Kedua bubuk ini merupakan antioksidan yang benar-benar hebat dan dapat meningkatkan metabolisme tanpa tambahan kalori.

Perlu diperhatikan, super powders dapat mengandung GMO (Genetically Modified Organisms), pengawet, pemicu alergi seperti susu, kedelai, dan racun sintetis (aspartam, sakarin, dan pemanis buatan).

3. Makanan Timur Tengah
Pasti sudah pernah mencoba kebab dan briyani? Kedua makanan ini menjadi favorit di negara kita. Ternyata makanan Timur Tengah juga menjadi favorit para ahli kesehatan karena dapat menjaga kesehatan tubuh serta mengatasi kardiovaskular.

Hal ini karena makanan Timur Tengah banyak menggunakan rempah-rempah seperti harissa, kapulaga, za’atar, dan kudapan berupa shakshuka, halloumi, panggang, dan kambing muda. Bahan-bahan lain yang kuat dan sering ditemui pada tahun ini seperti delima, terong, ketimun, peterseli, mint, tahini, selai tomat, serta buah kering.

4. Berbagai Macam Jamur
Tidak hanya enak untuk dikonsumsi, jamur juga memberikan manfaat yang besar yaitu dapat menangkal penuaan dini. Tahun ini jenis makanan jamur bakalan booming, bahkan ternyata ada prediksi menjadi tren personal care seperti sabun dan shampo.

5. Bahan Makanan Yang Jelas Asalnya
Saat kita makan makanan yang begitu enak terlintas dalam pikiran kita darimana asal bahannya? Bila yang suka makan makanan organik pasti terbiasa mengecek asal mula bahan makanan. Tahun ini konsumen akan lebih teliti/jeli soal bahan makanan yang akan disantap, asik sekali bukan!

6. Nabati High Tech
Vegetarian? Yups. Mungkin anda pernah mencicipi daging ayam yang terbuat dari 100% bebas dari daging. Iya berbahan dasar dari kedelai. Prediksinya tahun 2018 akan lebih banyak makan dari nabati yang lebih high-tech.

7. Makanan Ringan Serba Puffed dan Popped
Lupakan keripik kentak dan jenis keripik-keripik lainnya, tahun 2018 bakalan banyak menemukan makanan ringan serba puffed dan popped seperti pop corn. Hobi nyemil akan terpuaskan dengan banyak makanan ringan.

8. Taco Modern
Makanan khas Meksiko yang terdiri dari gulungan atau lipatan tortilla diisi dengan berbagai macam masakan di dalamnya. Memang makanan ini belum terkenal di negara kita Indonesia, namun tahun 2018 diprediksi akan booming dengan gaya lebih unik dan modern.

9. Makanan Dari Daun Atau Akar Sayuran
Selama ini membuang akar atau daun dari sayuran sudah terbiasa dan lumrah. Hal yang tidak diduga tahun 2018, jangan melakukan kebiasaan itu lagi karena akan ada jenis makanan yang terbaru dengan bahan dasar dari akar dan daun sayuran.

10. Minuman Bersoda
Nanti dulu! Jangan berpikir bahwa minuman bersoda yang dimaksud adalah coca-cola dan jenisnya ya. Tahun ini akan lebih banyak ditemukan minuman-minuman bersoda dengan rasa lebih unik, seperti kopi, teh, dan beberapa rasa soda buah yang jauh lebih beragam.

Pasti sudah tidak sabar kan menunggu jenis-jenis makanan yang bakan booming (hits) di tahun 2018. Jenis makanan apa saja ini yang paling kamu tunggu?

Selamat mencoba!

Kembali ke daftar berita >